Nasional

Rabu, 15 Mei 2019

Bagian Propim Luncurkan Aplikasi SIKKADAR

DHARMASRAYA - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Bagian Protokol dan TU Pimpinan (Propim) merancang aplikasi Sistem Informasi Keprotokolan Kabupaten Dharmasraya, sebagai bentuk inovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Nama aplikasi yang disingkat dengan SIKKADAR ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat Dharmasraya yang ingin mengirimkan undangan acara untuk dihadiri Bupati dan Wakil Bupati. Masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor bupati untuk mengantar undangan, karena bisa dikirim cukup lewat aplikasi. 

Kepala Bagian Propim Setda Dharmasraya, Naldi, dalam kesempatan sosialisasi aplikasi SIKKADAR yang digelar di Auditorium Dharmasraya, Rabu (15/05), mengatakan, selama ini masyarakat, pemerintah nagari, pemerintah kecamatan dan juga OPD jika ingin mengundang pimpinan, harus mengantarkan langsung surat undangan ke kantor bupati, yang itupun kadang tidak langsung mendapat konfirmasi pada hari itu juga. Sehingga terpaksa datang kembali pada hari berikutnya, yang tentu saja hal itu dapat menguras waktu dan biaya. 

"Itulah kenapa kami mencoba menghadirkan aplikasi SIKKADAR, agar ke depan prosedur pengantaran surat undangan untuk pimpinan menjadi lebih mudah," ujar Naldi.

Dengan adanya aplikasi ini, imbuh Naldi, OPD, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari serta masyarakat juga akan dapat mengakses dengan mudah setiap agenda pimpinan. 

"Karena setiap agenda pimpinan akan kami publish di aplikasi ini, yang bisa diakses kapan saja, sehingga masyarakat bisa menyesuaikan. Dan jika ada acara yang tetiba batal dihadiri pimpinan, masyarakat juga bisa tahu. Hal itu bisa disebabkan karena pimpinan juga ada agenda lain di hari yang sama yang tidak bisa ditinggalkan. Sehingga kehadiran pimpinan diwakili oleh pejabat yang lain," papar Naldi.

Namun demikian, sebut Naldi, karena ini adalah aplikasi baru, maka untuk tahap awal akan dilakukan uji coba terlebih dahulu selama enam bulan. "Setelah enam bulan nanti, kita akan gelar FGD untuk mendengar masukan dari pihak terkait agar ke depan aplikasi ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik," tukasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman saat membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut menyampaikan, di era sekarang kita memang dituntut untuk memanfaatkan teknologi informasi, termasuk dalam pelayanan pemerintahan agar menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Maka dari itu, Sekda meminta segenap OPD, pemerintah kecamatan dan juga nagari agar dapat mendukung secara optimal aplikasi SIKKADAR agar dapat berjalan dan berkembang sebagaimana yang diharapkan.

"Karena ini adalah aplikasi baru, maka tentu akan ada kelemahan-kelemahan yang kita temui. Namun begitu, dengan upaya bersama, semoga aplikasi ini kedepan dapat kita tingkatkan sesuai kebutuhan," ujar Sekda.

Kepada Bagian Propim, Sekda juga meminta agar membuat rambu-rambu atau aturan untuk dipedomani secara bersama untuk acara-acara yang akan dihadiri oleh pimpinan. Karena menurut Sekda, tidak semua acara mesti dihadiri oleh pimpinan. 

"Apalagi untuk acara-acara formal, tentu perlu ada aturan dan standar-standar protokoler yang harus dipenuhi, apakah acara itu layak dihadiri oleh pimpinan atau tidak," ujar Sekda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar