Nasional

Kamis, 07 Februari 2019

Wabup : Butuh Komitmen Bersama Wujudkan Pemilu Bebas Konflik

DHARMASRAYA - Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan,membuka secara resmi acara Sosialisasi Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dharmasraya, dengan tema "Mewujudkan Pemilu 2019 Bebas Konflik" , Rabu (06/02) di halaman kantor KPU.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilu tahun ini merupakan pemilu serentak yang pertama dalam sejarah pemilu di Indonesia, yang pemilihan legislatifnya dilakukan bersamaan dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Tahapan demi tahapan dalam pemilu, lanjut Wabup, pun telah dilaksanakan oleh KPU. Dan tahapan yang saat ini sedang berlangsung adalah kampanye.

"Kampanye politik telah diatur dengan aturan yang diterbitkan oleh KPU. Namun tetap saja kita melihat masih banyaknya kasus yang terjadi dan terkait dengan kampanye ini," ungkap Wabup.

Maka dari itu, menurut Wabup, untuk mewujudkan pemilu yang bebas konflik bukan hanya tugas dari penyelenggara pemilu saja. Melainkan butuh komitmen seluruh elemen masyarakat , ormas, organisasi pemuda, serta peserta pemilu untuk sama-sama berkomitmen dan mensosialisasikan kepada masyarakat luas untuk mewujudkan pemilu yang damai, jujur, adil, dan berintegritas serta bebas konflik. 

"Pemilu yang damai, jujur, adil dan berintegritas menjadi harapan kita semua. Untuk mewujudkan itu, tentu dibutuhkan kesadaran seluruh pihak dan elemen masyarakat," ujar Wabup. 

Selain itu, kepada masyarakat Wabup juga berpesan agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar, secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

Dalam sosialisasi tersebut tampak hadiri Forkopimda, Komisioner KPU Provinsi Sumbar, Bawaslu, OPD terkait, Camat, Wali Nagari Ketua Bamus, Ketua KAN, Pimpinan Ormas, Pemuda, Parpol dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar