Nasional

Minggu, 23 September 2018

BASABA sebagai upaya dalam menurunkan angka kematian bayi

SINOVIC adalah program inovasi pelayanan public yang diadakan oleh kementrian PAN dan Reformasi Birokrasi yang harus diikuti oleh lembaga pemerintahan mulai dari tingkat kementrian,kekembagaan baik daerah atau pusat,pemerintahan kabupaten dan kota.

Diharapkan dari program ini bertujuan agar terjadi peningkatan kualitas pelayanan publik yang tidak memberatkan anggaran.

Sudah diadakan kompetisi dalam beberapa tahun ini.Dari kompetisi yang diikuti lebih dari 2000 an inovator,didapatkan peringkat 99 yang teratas.

RS Ahmad Mukhtar Bukittinggi terpilih mewakili Sumatera Barat menjadi TOP 99 dari seluruh Indonesia.

Adapun program yg di ajukan untuk inovasi ini adalah BASABA,bapak sayang bayi, dalam rangka upaya penurunan angka kematian bayi.

Program ini memberdayakan bapak bayi dalam perawatan metode kangguru bagi Bayi berat lahir rendah.

Dengan perawatan ini,memberikan kondisi yang kondusif secara fisiologis dan psikologis bagi bayi BBLR hingga bayi dapat bertahan hidup bahkan berkembang optimal.

Program ini telah dilakukan sejak 2016 oleh unit neonatologi RS Ahmad Mukhtar Bukittinggi,yang di pimpin oleh dr Rahmi Yetti SpA.
  
Dijadwalkan oleh kemenpan akan ada ekspos atau presesentasi oleh gubernur didampingi inovator dan tim neonatologi di Kemenpan tanggal 12 juli ini, semoga dapat memberi motivasi buat lembaga pemerintah yang lain yang berada di Sumatera Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar