Nasional

Selasa, 18 Oktober 2016

Pemkab Agam Gelar Festival Pesona Danau Maninjau

Pemerintah Kabupaten Agam dalam waktu dekat akan mengelar Festival Pesona Danau Maninjau yang diikuti oleh kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang dipusatkan di objek wisata Muko-muko, Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya.


"Festival ini kita laksanakan pada 3-6 November 2016 guna melestarikan kesenian anak nagari dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Agam," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Agam, Hadi Suryadi, Selasa (18/10/2016).

Menurut Hadi Suryadi, kegiatan ini merupakan ivent tahunan pemerintah Kabupaten Agam dalam rangka promosi wisata untuk melestarikan kesenian Minangkabau. Kegiatan ini terbuka untuk umum.

“Untuk jadwal, lomba dayuang atau perahu dilaksanakan pada 3 sampai 4 November 2016 dan pendaftaran dibuka 15 sampai 29 Oktober 2016, lomba tambua tansa pada 5 November 2016 dan pendataran dibuka 20 Oktober sampai 02 November 2016,” jelasnya.

Lalu, lomba saluang tradisional dilaksanakan pada 4 sampai 5 November 2016 dan pendaftaran dibuka 20 Oktober sampai 03 November 2016. 

Kemudian, lomba talempong agung digelar pada 3 November 2016 dan pendaftaran dibuka 20 Oktober sampai 3 November 2016 dan pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) kreatif di objek wisata muko-muko dibuka pada 3 sampai 6 November 2016.

"Bagi peserta akan mengikuti kegiatan ini dapat segera mengajukan pendaftaran di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam," tukas Hadi Suryadi.

Saat ini, pihaknya telah mempersiapkan undangan untuk peserta. Sementara pada hari ini di aula Bappeda Agam dilaksanakan pertemuan dengan instansi terkait.

Selain melestarikan kesenian, festival ini untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Agam, sehingga dapat mengerakan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata.

Disamping itu, Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Bagian Humas Kabupaten Agam Jubrizal menambahkan, kegiatan ini juga telah disosialisasikan melalui media radio Pemda Agam Sam FM.(gus/mt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar