Nasional

Senin, 19 September 2016

BPBD Agam Kirim 13 Peserta Ikuti Jambore di Sawahlunto

Agam, Minang Terkini : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, mengirimkan sebanyak 13 peserta dan dua orang pendamping untuk mengikuti Jambore Pengurangan Risiko Bencana ke III tingkat Sumatera Barat di Camping Ground Kandih, Kota Sawahlunto pada 18 sampai 22 September 2016. 
 
Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Maizur Hendri mengatakan, ke 13 peserta ini berasal dari Kelompok Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Agam dan dua orang pendamping dari BPBD Agam.
 
"Mereka telah dilepas oleh  Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Agam, Bambang Warsito di halaman kantor BPBD Agam pada Minggu 18 September 2016 kemarin,” ujarnya, Senin (19/8/2016).
 
Sebelumnya anggota KSB telah mendapatkan materi pelatihan dan simulasi di Gor Rang Agam Lubuk Basung selama tiga hari. 
 
"Ini penting dilakukan guna melihat kesiapan dan mengasah kemampuan setiap anggota KSB dalam pengurangan risiko bencana di Agam," terangnya. 
 
Saat pembukaan Jambore nanti, pihaknya juga mengikutsertakan Komunitas Wartawan Siaga Bencana (KWSB), Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dan KSB Nagari Balingka dimana mereka akan menampilkan atraksi tambua tansa pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Agam. Sementara itu, jenis kegiatan yang diikuti seperti, lomba manajemen posko bencana (pengelolaan posko atau kaji cepat, bongkar pasang tenda dan dapur umum), 
 
Kemudian, penyuluhan dan sosialisasi kebencanaan, lomba pertolongan pertama gawat darurat, dan cerdas cermat terkait bencana baik sebelum saat dan sesudah kejadian bencana.(gus/mt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar